Labels

2012 (47) 2013 (639) Action (89) Adventure (37) Animation (38) Biography (18) Comedy (121) Crime (42) Documentary (134) Drama (154) Family (32) Fantasy (23) History (7) Horror (85) Music (26) Musical (3) Mystery (10) Romance (34) Sci-Fi (29) Short (13) Sport (101) Thriller (89) War (8) Western (6)

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Label Tertentu Di Sidebar Blog

Anda mungkin sering menemukan artikel mirip seperti ini dengan kata kunci " Membuat daftar isi per label", atau tak jarang juga dengan keyword cara membuat daftai isi sitemap. tapi satu mungkin yang membedahkan tips ini dari cara membuat daftar isi yang lain, yaitu cara ini yang hanya menampilkan  artikel - artikel dalam 1 kategori atau label tertentu yang biasanya di letakkan di sidebar blog.

Kali ini saya akan coba jelaskan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis untuk label tertentu di sidebar blog. Untuk lebih jelasnya, coba Anda lihat daftar isi di sidebar yang saya letakan di bawah blog ini.

 
Tips seperti ini sebenarnya bisa Anda lakukan secara manual dengan cara memasukkan secara manual link - link artikel blog Anda, namun seperti biasa, waktu Andamungkin akan sedikit terkuras. Untunglah jika Anda hanya memiliki sedikit artikel, bagaimana jika banyak?? wah..bisa pegel ni jarinya ya.

Widget ini di lengkapi scroll yang berfungsi menghemat  halaman blog Anda, jadi jangan perlu takut kalau - kalau tidak muat halamannya karna kebanyakan artikel. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat daftar isi otomatis untuk label tertentu di sidebar blog, silahkan ikuti tutorial berikut.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Label Tertentu Di Sidebar Blog:

1. Log in ke akun blogger Anda.
2. Klik Rancangan --> Elemen laman --> Tambah Gadget -->HTML/Javascript
3. Masukkan kode berikut kedalam kotak yang di sediakan dan berikan judul sesuai keinginan Anda, misalnya Tutorial Blogger.

<div style="overflow:auto; width:auto; height:150px; padding:5px;border:0px solid #000000; font-family:julee; font-size:15px; font-color:#0000FF;">
<ol>
<script style="text/javascript">
var numposts = 100;
var standardstyling = true;
</script>
<script type='text/javascript' src=''http://blognyamasrahmat.googlecode.com/files/postlabel.js></script><ol>
<script src="http://www.masrahmat.com/feeds/posts/default/-/Tips%20ngeBlog?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts&max-results=999"></script>
</ol>
</ol></div>

4. Kemudian klik Save/Simpan dan lihat hasilnya.

Keterangan:
  • width:auto :  menunjukkan bahwa  lebar scroll box akan menyesuaikan dengan lebar sidebar.
  • height:100px : tinggi scroll box. silahkan Anda ganti sesuai keinginan.
  • border:1px solid #e6e4e3 :  adalah ukuran, jenis dan warna dari border.
  • font-size : adalah ukuran huruf.
  • <ol> : adalah Numbered LIst , Anda bisa menggantinya menjadi bullet list dengan kode <ul>
  • Ganti blog anda dengan Url blog Anda.
  • Ganti Tips%20ngeBlog dengan label yang Anda inginkan. Perhatikan penulisan labelnya. sesuaikan dengan yang tertera, jika satu huruf saja salah penulisannya, makan daftar isinya tak akan muncul. %20 adalah Spasi jadi ganti spasi dengan kode %20.
Itulah cara mudah membuat daftar isi otomatis untuk label tertentu di sidebar blog, semoga bermanfaat.